Bioteknologi Pendukung Produktivitas Komoditas Perkebunan dan Pertanian,
   Mikoriza merupakan bentuk interaksi saling menguntungkan antara akar tanaman dan fungi (cendawan). Tanaman memberi hasil fotosintesa untuk fungi, sebaliknya cendawan mikoriza membantu tanaman dalam penyerapan air dan unsur hara. Kehadiran mikoriza mampu meningkatkan pertumbuhan tanaman, melindungi dari penyakit, kekeringan, dan cemaran logam berat, serta mengefisienkan penggunaan pupuk.
   Peran besar mikoriza terutama pada perkebunan sawit dan kegiatan reklamasi tambang. Mikoriza mengamankan tanaman sawit dari serangan penyakit akibat cendawan ganoderma yang menyebabkan anjloknya produktivitas sawit. Mikoriza juga menjadikan tanaman penghijauan dan kehutanan lebih tahan kekeringan di lapang.
   Pada kegiatan reklamasi lahan eks tambang mikoriza berperan sebagai pembenah (memperbaiki struktur) tanah sekaligus menyerap residu bahan tambang. Tanaman perintis eks tambang seperti sengon yang diberi mikoriza mampu bertahan hidup dengan baik di lahan bekas tambang.
   PT Inagro memproduksi pupuk hayati mikoriza MZ-2000 dengan bioteknologi ramah lingkungan dalam lingkungan laboratorium dan greenhouse modern untuk menjamin kualitas pupuk hayati mikoriza yang dihasilkan. Dengan kapasitas produksi 3—4 ton per bulan PT Inagro merupakan produsen pupuk hayati mikoriza terbesar di Indonesia.

Laboratorium dengan peralatan modern menjadi salah satu sarana produksi mikoriza

Pupuk hayati mikoriza MZ-2000 cocok untuk tanaman perkebunan, hortikultura, dan penghijauan di lahan eks pertambangan